Berita

Jakarta – Senin (12/6), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menghadiri undangan rapat Pembahasan Harmonisasi Rancangan Peraturan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika tentang Pengamatan dan Pengelolaan Data Meteorologi Maritim dari Direktorat Harmonisasi Peraturan Perundang-Undangan I, Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan pada tanggal 12 Juni 2023 di Jakarta.

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia diwakili oleh Bapak Imam Santoso, S.H., M.H. dan Ibu Nur Rokhmah Muliana, S.H., M.H. beserta staf. Rapat turut dihadiri perwakilan dari Kementerian Perhubungan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan Biro Hukum dan Organisasi BMKG yang dipimpin oleh Kepala Biro Hukum dan Organisasi Mohamad Muslihhuddin, S.H., M.H., serta perwakilan dari Pusat Meteorologi Maritim BMKG,

Kegiatan rapat ini melanjutkan harmonisasi atas rancangan Peraturan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika tentang Pengamatan dan Pengelolaan Data Meteorologi Maritim, dimana pada pembahasan kali ini dimaksudkan untuk menyelaraskan isi, harmonisasi, pembulatan, dan pemantapan konsepsi rancangan Peraturan dimaksud.

Dari rapat tersebut dihasilkan rancangan Peraturan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika tentang Pengamatan dan Pengelolaan Data Meteorologi Maritim yang telah di-review oleh Tim Pokja pengharmonisasi dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dengan substansi pengamatan meteorologi maritim, pengelolaan data, PMO dan bimbingan kapal, pelaporan, dan pembinaan. Selanjutnya akan ditindaklanjuti usulan dan masukan Tim Pokja dimaksud serta untuk dilakukan penetapan dan pengundangan Peraturan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika tersebut.